ID Questions Question Image
1
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari
segi Mental, yaitu...________________
A. Anak
sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan
berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki
tangga.
B. Anak
dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
C. Anak
mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
D. Anak
menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman
2
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari
segi Psikomotorik, yaitu...________________
A. Anak
sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
B. Anak
dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
C. Anak
sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa
menggunakan benda
D. Anak
menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
3
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari
segi Emosionalitas, yaitu...________________
A. Anak
menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
B. Anak
dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah
tertentu
C. Anak
sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa
menggunakan benda
D. Anak
dapat menampilkan sifat ingin tahu
4
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan
keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola
adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi
...________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Sosial
D. Emosional
5
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia
SD ditinjau dari segi ...________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Sosial
D. Emosional
6
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi
yang wajar
adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia
SD ditinjau dari segi ...________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Kognitif
D. Emosional
7
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa
Anak Usia SD
Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa
anak adalah sebagai berikut, kecuali...________________
A. Jenis
Kelamin
B. Keluarga
C. Keinginan
dan Dorongan Komunikasi
D. Kebiasaan
8
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas
rendah
tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah
dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca________________
A. Ejaan
per ejaan
B. Skimming
C. Permulaan
D. Cepat
9
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas
rendah
Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa
metode yang dapat digunakan, kecuali ...________________
A. metode
kupas rangkai suku kata
B. metode
kata lembaga
C. metode
SAS
D. metode
eja
10
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas
rendah
Berikut diberikan studi kasus :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan.
Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata-kata itu kita
ceraikan atas suku-suku katanya dan akhirnya atas huruf-hurufnya. Kemidian
huruf-huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi
kata dan kata menjadi kalimat.
Berdasarkan studi kasus , metode membaca permulaan
yang tepat digunakan adalah ...________________
A. Metode
Alfabet
B. Metode
Suku Kata
C. Metode
SAS
D. Metode
Cerita
11
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas
rendah
Kelebihan membaca permulaan adalah sebagai berikut
...________________
A. Mempunyai
nilai strategis bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan siswa.
B. Meningkatkan
nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia
C. Meningkatkan
kemandirian siswa dalam membaca
D. Mempermudah
menghafal kata-kata
12
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas
rendah
Metode yang merupakan penyempurnaan metode alphabet
dengan mengajarkan bunyi-bunyi bahasa sebagai pengganti huruf-huruf berdasarkan
ucapan hurufnya adalah metode membaca permulaan ...________________
A. Metode
Suku Kata
B. Metode
Kata-kata
C. Metode
Cerita
D. Metode
Suara
13
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas
tinggi
Pendekatan menekankan keterpaduan empat aspek
keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dalam
pembelajaran adalah salah satu Pendekatan yang disarankan dalam pembelajaran
menulis yang disebut ...________________
A. pendekatan
komunikatif
B. Pendekatan
integratif
C. Pendekatan
keterampilan proses
D. Pendekatan
tematis
14
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas
tinggi
Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai
berikut, kecuali ...________________
A. menjawab
pertanyaan
B. membuat
kalimat
C. subtitusi
D. persuasi
15
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas
tinggi
Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD
meliputi hal-hal berikut, kecuali ...________________
A. Menceritakan
gambar
B. Melanjutkan
cerita
C. Menceritakan
pengalaman
D. Mendeskripsikan
cerita
16
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas
tinggi
Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai
berikut, kecuali ...________________
A. menjawab
pertanyaan
B. membuat
kalimat
C. subtitusi
D. persuasi
17
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode
Menulis Permulaan
1). Menulis huruf lepas.
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata.
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata.
4). Menyusun kata menjadi kalimat. (Djauzak, 1996:4)
Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan
dengan metode ...________________
A. Metode
Eja
B. Metode
Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode
Global
18
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode
Menulis Permulaan
1). Mengenalkan kata
2). Merangkaikan kata antar suku kata
3). Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya
4). Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak,
1996:5)
Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan
dengan metode ...________________
A. Metode
Eja
B. Metode
Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode
Global
19
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode
Menulis Permulaan
Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis
permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar.
Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata
disebut dengan metode ...________________
A. Metode
Eja
B. Metode
Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode
Global
20
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode
Menulis Permulaan
Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan
atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita
yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan
metode________________
A. Metode
Eja
B. Metode
Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode
Global
21
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode
Menulis Permulaan
menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan
kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru
dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat
yang berarti adalah contoh metode ...________________
A. Metode
Eja
B. Metode
Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode
Global
22
KD 1.2.2 Merancang berbagai kegiatan
menulis di kelas tinggi
Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas
tinggi, kecuali...________________
A. menulis
tentang berbagai topik
B. menulis
pengumuman
C. menulis
pantun
D. menulis
memo
23
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan
evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Perencanaan Pengajaran meliputi hal-hal berikut,
kecuali...________________
A. tujuan
apa yang hendak dicapai
B. memilih
bahan ajar
C. proses
belajar mengajar
D. alat
penilaian
24
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan
evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
karakteristik perencanaan pengajaran yang baik
hendaknya mengandung prinsip sebagai berikut...________________
A. Memiliki
sikap objektif rasio (tepat dan masuk akal), komprehensif dan sistematis
(menyeluruh dan tersusun rapi).
B. Merupakan
suatu wahana atau wadah untuk mengembangkan segala potensi yang ada dan
dimiliki oleh anak didik.
C. Mengendalikan
kekuatan sendiri, bukan didasarkan atas kekuatan orang lain.
D. Melakukan
studi kasus yang berkesinambungan.
25
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan
evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek
evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan
...________________
A. Tahap
Tindak Lanjut
B. Tahap
Persiapan
C. Tahap
Pelaksanaan
D. Tahap
Pengolahan Hasil
26
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
membaca yang mengutamakan isi bacaan sebagai
ungkapan pikiran, perasaan, dan kehendak penulis. Bila hanya ingin mengetahui
isinya, membaca cerdas bersifat lugas. Akan tetapi, bial maksudnya untuk memahami
dan memilki isi bacaan, maka tergolong kedalam membaca jenis
...________________
A. Membaca
cerdas atau membaca dalam hati
B. Membaca
bahasa
C. Membaca
teknis
D. Membaca
bebas
27
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
membaca sesuatu atas kehendak sendiri tanpa adanya
unsur paksaan dari luar. Unsur dari luar misalnya guru, orang tua, teman, atau
pihak-pihak lain, termasuk jenis membaca________________
A. Membaca
cerdas atau membaca dalam hati
B. Membaca
bahasa
C. Membaca
teknis
D. Membaca
bebas
28
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
1. menggunakan ucapan yang tepat,
2. menggunakan frase yang tepat,
3. menggunakan intonasi suara yang wajar,
4. dalam posisi sikap yang baik,
5. menguasai tanda-tanda baca,
6. membaca dengan terang dan jelas,
keterampilan di atas, harus dipunyai dalam jenis
membaca ...________________
A. Membaca
cerdas atau membaca dalam hati
B. Membaca
bahasa
C. Membaca
teknis
D. Membaca
nyaring
29
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
Hal berikut dilakukan seseorang ketika membaca
survai , kecuali ...________________
A. memeriksa
judul bacaan/buku, kata pengantar, daftar isi dan malihat abstrak(jika ada)
B. memeriksa
bagian terahkir dari isi (kesimpulan) jika ada
C. memeriksa
indeks dan apendiks(jika ada)
D. membaca
biografi pengarang
30
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
Membaca jenis ini biasanya dilakukan seseorang
membaca demi kesenangan, membaca bacaan ringan yang mendatangkan kesenangan,
kegembiraan sebagai pengisi waktu senggang.
Berdasarkan karakteristik diatas, kegiatan tersebut
termasuk ke dalam membaca jenis ...________________
A. Membaca
Survai (Survey Reading)
B. Membaca
Sekilas
C. Membaca
Dangkal (Superficial Reading)
D. Membaca
Nyaring
31
KD 1.3.1 Merumuskan hakikat
(pengertian,tujuan,jenis,manfaat) membaca
Berikut adalah tujuan umum dalam aktifitas membaca,
kecuali ...________________
A. Membaca
untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta (reading for details or
facts). Membaca tersebut bertujuan untuk menemukan atau mengetahui
penemuan-penemuan telah dilakukan oleh sang tokoh, untuk memecahkan
masalah-masalah yang dibuat oleh sang tokoh.
B. Membaca
untuk mengetahui ukuran atau susunan, organisasi cerita (reading for sequenceor
organization). Membaca tersebut bertujuan untuk mengetahui bagian-bagian cerita
dan hubungan antar bagian-bagian cerita.
C. Membaca
untuk menyimpulkan atau membaca inferensi (reading for inference).
D. Membaca
untuk memperoleh kekurangan suatu buku (finding mistakes).
32
KD 1.3.3 menemukan pesan pokok utama
sebuah berita
Simak penggalan berita berikut .
Hebat, Siswa Indonesia Pertahankan Tradisi Emas di
Olimpiade Fisika!
Tim Olimpiade Fisika Indonesia
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Luar biasa. Lima siswa
Indonesia yang dikirim ke ajang Olimpiade Fisika atau International Physics
Olympiad (IPhO) ke-41 di Zagreb, Kroasia, 17-25 Juli, berhasil menyabet empat
medali emas dan satu perak.
Pelajar yang menyumbang emas adalah Muhammad Sohibul
Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Madura), Christian George Emor (SMA Lokon St.
Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong,
Banten), dan Kevin Soedyatmiko (SMAN 12, Jakarta). Sedangkan medali perak
berhasil diraih oleh Ahmad Ataka Awwalur Rizqi (SMAN 1, Yogyakarta).
Prestasi ini jauh lebih baik dibanding ajang Olimpiade
Fisika ke-40 di Merida Yucatan, Meksiko, 2009 yang lalu. Saat itu, delegasi
siswa Indonesia merebut satu medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu.
Hasil empat medali emas dan satu perak ini, hampir
menyamai prestasi terbaik sebelumnya pada ajang Olimpiade Fisika ke-37 di
Singapura. Saat itu siswa Indonesia tidak hanya berhasil menyabet 4 medali
emas, namun juga meraih predikat `Absolute Winner` atas nama Mailoa Jonathan
Pradana (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta). Tapi yang terpenting lagi, pelajar
Indonesia berhasil mempertahankan tradisi emas di setiap ajang Olimpiade
Fisika.
Red: Endro Yuwanto
Peristiwa yang diberitakan adalah
...________________
A. siswa
Indonesia pertahankan tradisi emas di Olimpiade Matematika
B. siswa
Indonesia pertahankan tradisi emas di Olimpiade Fisika
C. siswa
Indonesia menyumbang emas di Olimpiade Matematika
D. siswa
Indonesia menyumbang perak di Olimpiade Fisika
33
KD 1.3.3 menemukan pesan pokok utama
sebuah berita
Simak penggalan berita berikut .
Hebat, Siswa Indonesia Pertahankan Tradisi Emas di
Olimpiade Fisika!
Tim Olimpiade Fisika Indonesia
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Luar biasa. Lima siswa
Indonesia yang dikirim ke ajang Olimpiade Fisika atau International Physics
Olympiad (IPhO) ke-41 di Zagreb, Kroasia, 17-25 Juli, berhasil menyabet empat
medali emas dan satu perak.
Pelajar yang menyumbang emas adalah Muhammad Sohibul
Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Madura), Christian George Emor (SMA Lokon St.
Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong,
Banten), dan Kevin Soedyatmiko (SMAN 12, Jakarta). Sedangkan medali perak
berhasil diraih oleh Ahmad Ataka Awwalur Rizqi (SMAN 1, Yogyakarta).
Prestasi ini jauh lebih baik dibanding ajang
Olimpiade Fisika ke-40 di Merida Yucatan, Meksiko, 2009 yang lalu. Saat itu,
delegasi siswa Indonesia merebut satu medali emas, dua medali perak, dan satu
perunggu.
Hasil empat medali emas dan satu perak ini, hampir
menyamai prestasi terbaik sebelumnya pada ajang Olimpiade Fisika ke-37 di
Singapura. Saat itu siswa Indonesia tidak hanya berhasil menyabet 4 medali
emas, namun juga meraih predikat `Absolute Winner` atas nama Mailoa Jonathan
Pradana (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta). Tapi yang terpenting lagi, pelajar
Indonesia berhasil mempertahankan tradisi emas di setiap ajang Olimpiade
Fisika.
Red: Endro Yuwanto
Lima siswa Indonesia berhasil mendapatkan
...________________
A. 4
emas , 1 perak
B. 1
emas, 4 perak
C. 3
emas, 2 perak
D. 2
perak , 3 emas
34
KD 1.3.4 menemukan pesan pokok dalam
wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi
Surat dari ibu
Jika bayang telah pudar
Dan elang laut pulang ke sarang
Angin bertiup ke benua
Tiang – tiang akan kering sendiri
Dan nahkoda sudah tau pedoman
Boleh engkau datang padaku
Makna lambang dari nahkoda sudah tahu pedoman
adalah…
________________
A. Sudah
mencari pedoman hidup
B. Sudah
menemukan arah dan tujuan
C. Sudah
berilmu dan berpengalaman
D. Sudah
mempunyai pasangan hidup
35
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
Pendekatan untuk mendapat tanggapan emosional
pembaca ataupun kesan pembaca adalah contoh Pendekatan Deskripsi jenis
...________________
A. Pendekatan
Ekspositoris.
B. Pendekatan
Impresionistik
C. Pendekatan
menurut sikap pengarang
D. Pendekatan
Realistik
36
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
Prinsip-Prinsip karangan Narasi sebagai berikut,
kecuali ...________________
A. Alur
B. Penokohan
C. Amanat
D. Sudut
Pandang
37
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
1. Menentukan tema atau amanat apa yang akan
disampaikan.
2. Menetapkan sasaran pembaca.
3. Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan
ditampilkan dalam bentuk skema perkembangan,dan akhir cerita.
5. Memerinci peristiwa-peristiwa utama ke dalam
detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita.
6. Menyusun tokoh dan perwatakan,serta latar dan
sudut pandang.
Karakteristik diatas adalah pengembengan dari
paragraf...________________
A. Narasi
B. Deskprisi
C. Ekspositoris
D. Sudut
Pandang
Persuasif
38
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
Karangan narasi yang berusaha untuk memberikan suatu
maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau
pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat disebut ...________________
A. Narasi
Informatif
B. Narasi
Ekspositoris
C. Narasi
Sugestif
D. Narasi
Artistik
39
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
Ciri karangan Narasi yang benar adalah ...
________________
A. Menonjolkan
unsur perbuatan atau tindakan, Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri
atau mengalami sendiri.
Berusaha
B. Ada
konfiks, menjawab pertanyaan "apa yang terjadi?"
C. Dirangkai
dalam urutan waktu, menggambarkan dengan jelas suatu peristiwa
D. Berisi
ajakan, dirangkai dalam urutan waktu
40
kd 1.3.5 membandingkan berbagai jenis
wacana bahasa indonesia (deskripsi narasi)
Langkah menyusun paragraf deskripsi yang benar
adalah ...
(1).Tentukan objek atau tema yang akan
dideskripsikan.
(2).Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang
akan dideskripsikan.
(3).Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik
(menyusun kerangka karangan).
(4).Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi
yang sesuai dengan tema yang ditentukan.
(5).Tentukan tujuan.
________________
A. 1-5-2-3-4
B. 1-5-4-3-2
C. 1-5-3-2-4
D. 1-3-4-2-5
41
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Dalam tahap ini penyajian yang dilakukan melalui
tindakan anak secara langsung terlihat dalam memanipulasi (mengotak atik)objek.
Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke
dalam model ...________________
A. Tahap
Enaktif
B. Tahap
Ikonik
C. Tahap
Simbolik
D. Tahap
Implikatif
42
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan
berdasarkan pada pikiran internal dimana pengetahuan disajikan melalui
serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak
Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke
dalam model ...________________
A. Tahap
Enaktif
B. Tahap
Ikonik
C. Tahap
Simbolik
D. Tahap
Implikatif
43
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Objek belajar matematika dibagi kedalam Objek
Langsung dan Objek Tak Langsung
Hal tersebut adalah teori belajar Matematika menurut
...________________
A. Robert
M. Gagne
B. Jerome
S. Burner
C. Thorndike
D. Skinner
44
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Perhatikan contoh berikut.
Budi mempunyai 2 pinsil, kemudian ibunya
memberikannya lagi 3 pinsil.Berapa banyak pinsil Budi sekarang ?
Hal tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses
Pembelajaran Matematika dalam tahap ...________________
A. Simbolik
B. Ikonik
C. Implikatif
D. Enaktif
45
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Perhatikan gambar disamping
Ilustrasi di samping dikemukakan Bruner dalam Proses
Pembelajaran Matematika dalam tahap ...________________
A. Simbolik
B. Ikonik
C. Implikatif
D. Enaktif
46
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Perhatikan contoh berikut.
Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = …pinsil
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses
Pembelajaran Matematika dalam tahap ...________________
A. Simbolik
B. Ikonik
C. Implikatif
D. Enaktif
47
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Perhatikan contoh berikut.
penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa
mencoba sendiri dengan menggunakan garis bilangan.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema
Pembelajaran Matematika ...________________
A. Penyusunan
B. Notasi
C. Pengkontrasan
dan Keanekaragaman
D. Pengaitan
48
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga
kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag.
Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya
termasuk persegi panjang atau tidak.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema
Pembelajaran Matematika ...________________
A. Penyusunan
B. Notasi
C. Pengkontrasan
dan Keanekaragaman
D. Pengaitan
49
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Halle
adalah sebagai berikut, kecuali ..________________
A. Tahap
Pengenalan
B. Tahap
Pengurutan
C. Tahap
Analisis
D. Tahap
Penyimpulan
50
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
• Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis
sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
• Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak
sekali tanpa diperhatikan pengertiannya.
• Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti
yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain.
• Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan
efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan
oleh ...________________
A. Skinner
B. Piaget
C. Van
Brownell
D. Thorndike
51
Kd 3.1.1 Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
Tahap operasional/operasi konkrit adalah teori
Pembelajaran Matematika yang dikemukakan Peaget pada tahap usia
...________________
A. dibawah
2 tahun
B. 2-7
Tahun
C. 7-8
Tahun
D. 7-12
Tahun
52
3.1.3 Memilih media pembelajaran yang
tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
Untuk operasi bilangan bulat perkalian , media yang
paling tepat digunakan adalah ...________________
A. sapu
lidi
B. kerikil
C. daun
pakis
D. koin
53
3.1.3 Memilih media pembelajaran yang
tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
Untuk operasi bilangan bulat negatif, kita bisa
menggunakan media ...________________
A. uang
kertas
B. kerikil
C. mistar
D. koin
54
3.1.3 Memilih media pembelajaran yang
tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
Untuk operasi bilangan bulat penjumlahan, media yang
paling tepat digunakan adalah ...________________
A. uang
kertas
B. kerikil
C. daun
pakis
D. koin
55
3.1.4 Memilih media pembelajaran yang
tepat untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan
Untuk operasi bilangan pecahan, kita bisa
menggunakan media berikut, kecuali ...________________
A. kartu
bilangan
B. garis
bilangan
C. gambar
bidang
D. blok
pecahan
56
3.1.6. Memilih media pembelajaran
yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
Untuk menghitung luas dan keliling bangun datar,
media yang paling tepat digunakan adalah ...________________
A. Penggaris
B. Kertas
Folio Bergaris
C. Neraca
D. Kalkulator
57
4.1.1. Menganalisis dan menerapkan
urutan operasi pada bilangan bulat.
420:20+(-33)+26=...
Urutan operasi yang tepat untuk soal diatas adalah
...________________
A. 420:20,
26, +(-33)
B. 420:20,
+(-33), 26
C. +(-33),
26, 420 : 20
D. tidak
ada jawaban yang benar
58
4.1.1. Menganalisis dan menerapkan
urutan operasi pada bilangan bulat.
38 – (-20 ) = 58
Contoh di atas adalah contoh operasi hitung
...________________
A. Pembagian
bilangan bulat
B. Penambahan
bilangan bulat
C. Pengurangan
bilangan bulat
D. tidak
ada jawaban yang benar
59
4.1.1. Menganalisis dan menerapkan
urutan operasi pada bilangan bulat.
(-38) + -20 = -18
Contoh di atas adalah contoh operasi hitung
...________________
A. Pembagian
bilangan bulat
B. Penambahan
bilangan bulat
C. Pengurangan
bilangan bulat
D. tidak
ada jawaban yang benar
60
4.1.1. Menganalisis dan menerapkan
urutan operasi pada bilangan bulat.
Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam
operasi hitung bilangan campuran, kecuali ...________________
A. Jika
terdapat operasi perkalian dan pembagian dengan penjumlahan dan atau
pengurangan, selesaikan duru operasi perkalian atau pembagian baru pengurangan
atau penjumlahan.
B. Jika
terdapat jumlahan dan pengurangan, maka kerjakan operasi hitung yang paling
kiri/ditulis didepan.
C. Jika
pada operasi campuran terdapat operasi hitung dalam kurung, maka yang di dalam
kurung terlebih dahulu yang diselesaikan.
D. tidak
ada jawaban yang benar
61
4.1.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat.
Hasil dari 5 x(-4 + 5 )________________
A. ( 5 x
-4 ) + ( 5 x 5)
B. ( 4 x
-5 ) + ( 4 x 5)
C. ( 5 x
-4 ) + ( 5 x -4)
D. ( 5 x
4 ) + ( -5 x 5)
62
4.1.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat.
a x (b – c) = ...________________
A. (a x
b) + (a x c)
B. (a x
b) – (a x c)
C. (c x
b) + (-c x a)
D. (c x
a) – (a x b)
63
4.1.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat.
a x (b – c) = ...________________
A. (a x
b) + (a x c)
B. (a x
b) – (a x c)
C. (c x
b) + (-c x a)
D. (c x
a) – (a x b)
64
4.2.1. Menganalisis dan menerapkan
sifat-sifat urutan bilangan pecahan
1. Jadikan terlebih dahulu pecahan tersebut dalam
jenis yang sama (pecahan biasa atau pecahan decimal)
2. Diurutkan baik dari mulai terkecil ke terbesar
atau sebaliknya.
3. Diubah menjadi pecahan biasa, penyebut semua
pecahan itu harus disamakan dulu.
Urutan yang tepat dalam operasi pecahan beda
penyebut adalah ...________________
A. 1-2-3
B. 1-3-2
C. 2-3-1
D. 2-1-3
65
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
Bibi membeli 3 karung beras masing-masing beratnya
10 ½ kg dan 1 kantong minnyak goreng seberat 3 ¼ kg. Maka berat seluruh
belanjaan bibi adalah . . .________________
A. 34
3/4 kg
B. 33
3/4 kg
C. 35
1/4 kg
D. 33
1/4 kg
66
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
1/2 x n = 8/2, nilai n adalah . . .________________
A. 8
B. 16
C. 24
D. 32
67
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
1/3 x n = 9, nilai n adalah . . .________________
A. 9
B. 18
C. 27
D. 54
68
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
6 : n = 1/4, nilai n adalah . . .________________
A. 12
B. 18
C. 24
D. 32
69
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
1/5 * 4/3 : 2 = ...________________
A. 2/15
B. 2/30
C. 4/15
D. 4/60
70
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
2/9 : 2/9 : 3 = ...________________
A. 1/3
B. 1/9
C. 2/9
D. 1/4
71
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
7/5 x 2/3 = ...________________
A. 14/15
B. 14/8
C. 9/15
D. 22/15
72
4.2.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
1 - 1/5 - 1/4 = ... + 1/4________________
A. 0,30
B. 0,40
C. 0,20
D. 0,50
73
4.2.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan/rasio
Jarak kota Singaraja ke kota Denpasar pada sebuah
peta adalah 9 cm. Jika skala yang dipergunakan peta tersebut adalah 1 : 50.000,
berapakah jarak kota Singaraja ke kota Denpasar sesungguhnya?________________
A. 0,45
KM
B. 4,5
KM
C. 45 KM
D. 450
KM
74
4.2.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan/rasio
Perbandingan banyaknya buah jeruk Dedi dengan Dino
adalah 3 : 5. Jika jumlah buah jeruk Dedi 27 buah, jumlah buah jeruk Dino
adalah . . .________________
A. 45
B. 72
C. 27
D. 54
75
4.2.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan/rasio
Perbandingan banyaknya buah jeruk Dedi dengan Dino
adalah 3 : 5. Jika jumlah buah jeruk Dino 45 buah, jumlah buah jeruk keduanya
adalah . . .________________
A. 45
B. 72
C. 27
D. 54
76
4.2.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan/rasio
Umur Ayah 35 tahun, sedangkan umur Kakek 63 tahun.
Perbandingan umur Ayah dengan Kakek adalah . . .________________
A. 5 : 9
B. 5 : 8
C. 7 :
12
D. 7 : 9
77
4.2.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan/rasio
Jarak sebenarnya antara kota A dan kota B adalah 40
km. Apabila jarak kedua kota di peta adalah 5 cm, maka skala peta adalah . .
.________________
A. 1 :
8.000
B. 1 :
80.000
C. 1 :
800
D. 1 :
800.000
78
4.2.1. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pola bilangan.
Diketahui pola bilangan sebagai berikut : 1,
3,7,15,...
Angka berikutnya yang tepat mengisi titik-titik
diatas adalah ...________________
A. 30
B. 31
C. 23
D. 32
79
4.2.1. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pola bilangan.
Diketahui pola bilangan sebagai berikut :
18,21,26,33,...
Angka berikutnya yang tepat mengisi titik-titik
diatas adalah ...________________
A. 42
B. 52
C. 44
D. 46
80
4.2.2. Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan persamaan variable
Ibu membeli dua buah pensil dan dua buah buku,
seharga 12.000.
Ayah membeli satu buku dan empat pensil seharga
15.000
Berapakah harga satu buah pensil ?________________
A. 3.000
B. 3.500
C. 4.500
D. 4.000
81
4.2.2. Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan persamaan variable
2 x + 10.000 = 20.000
Nilai x yang tepat adalah ...________________
A. 5.000
B. 7.500
C. 2.500
D. 10.000
82
4.2.2. Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan persamaan variable
diketahui :
Luas persegi = 4X cm2
Sisi persegi = 8 cm
Nilai X yang tepat adalah ?
________________
A. 64 cm
B. 32 cm
C. 16 cm
D. 8 cm
83
4.3.1. Menganalisis dan menerapkan
sifat-sifat segiempat.
Bangun segi empat memiliki jumlah simetri lipat sebanyak
...________________
A. 2
B. 4
C. 8
D. 0
84
4.3.1. Menganalisis dan menerapkan
sifat-sifat segiempat.
1. Memiliki empat buah garis rusuk sama panjang
2. Memiliki empat sudut sama besar
3. Memiliki dua simetri lipat
4. Memiliki empat simetri lipat
Sifat segi empat yang tepat terdapat pada nomor
..________________
A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 2,3,4
D. 3,4,1
85
4.3.2. Menganalisis dan menerapkan
sifat-sifat kesejajaran garis-garis.
Bila terdapat 2 garis misal K,dan L dengan
kemiringan yang berbeda, maka bila kedua garis tersebut terus diperpanjang akan
menghasilkan garis yang ...________________
A. tidak
akan berpotongan
B. berpotongan
C. bersebelahan
D. bertetanggaan
86
4.3.2. Menganalisis dan menerapkan
sifat-sifat kesejajaran garis-garis.
Bila terdapat 2 garis misal K,dan L dengan
kemiringan yang sama, maka bila kedua garis tersebut terus diperpanjang akan
menghasilkan garis yang ...________________
A. tidak
akan berpotongan
B. berpotongan
C. bersebelahan
D. bertetanggaan
87
4.3.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Sebuah kendaraan melaju dari Bogor ke Jakarta dengan
kecepatan 60 km/jam. Jika jaran bogor Jakarta 180 km, berapa jam waktu yang
dibutuhkan kendaraan tersebut untuk sampai ke Jakarta…?________________
A. 3 jam
B. 30
menit
C. 30
jam
D. 3
menit
88
4.3.3. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Jarak Jakarta - Bogor 60 km. Ayah berangkat ke Bogor
dengan sepeda motor pukul 07.30 dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.
Berapa lama waktu
tempuh yang dibutuhkan oleh ayah untuk sampai ke
Bogor ?________________
A. 1,5
jam
B. 2,5
jam
C. 1,25
jam
D. 2 jam
89
4.3.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Jarak Jakarta - Bogor 60 km. Ayah berangkat ke Bogor
dengan sepeda motor pukul 07.30 dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.
Pukul Berapakah ayah tiba di Bogor?________________
A. 08.30
B. 09.00
C. 09.30
D. 10.00
90
4.3.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Rizky mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata
35 km/jam. Ia berangkat dari kota
Jakarta menuju kota Bandung pukul 04.00. Jika Ia
tiba di kota Bandung Pukul 07.00
Berapa Km-kah jarak yang telah ditempuh Rizky
?________________
A. 105
km
B. 140
km
C. 175
km
D. 220
km
91
4.3.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Jarak dari kota Jakarta ke Ciawi 90 Km. Ahmad
mengendarai mobil berangkat
dari Jakarta pukul 06.00 dan tiba di Ciawi pukul
09.00. Berapakah kecepatan rata-rata
Ahmad mengendarai mobil ?________________
A. 45
km/jam
B. 30
km/jam
C. 35
km/jam
D. 40
km/jam
92
4.3.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Luas bangun di samping adalah ...________________
A. 80
cm2
B. 75
cm2
C. 45
cm2
D. 36
cm2
93
4.3.4.
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Luas bangun di samping adalah ...________________
A. 32
cm2
B. 36
cm2
C. 42
cm2
D. 48
cm2
94
4.3.4.
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm adalah
...________________
A. 154
cm2
B. 146
cm2
C. 208
cm2
D. 49
cm2
95
4.3.4.
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Keliling belah ketupat ABCD adalah 80 cm, Panjang
diagonal AC = 24 cm, luas belah ketupat tersebut adalah ...________________
A. 240
cm2
B. 286
cm2
C. 346
cm2
D. 384
cm2
96
4.3.4.
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Diketahui keliling persegi 32 cm
Luas persegi tersebut adalah ...________________
A. 32
cm2
B. 64
cm2
C. 128
cm2
D. 72
cm2
97
4.3.4.
Menyelesaikan maslah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar.
Dari gambar layang-layang disamping, diketahui
kelilingnya 66 cm
Panjang AB 20 cm, dan panjang BD 24 cm
Luas bangun layang-layang tersebut adalah
...________________
A. 240
cm2
B. 252
cm2
C. 260
cm2
D. 272
cm2
98
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Sebuah prisma alasnya berbentuk belahketupat dengan
panjang diagonal masing-masing 15 cm dan 20 cm. Jika tinggi prisma 30 cm,
berapa cm3 volume prisma tersebut?
________________
A. 4.500
cm 3
B. 2.750
cm 3
C. 3.500
cm 3
D. 1.500
cm 3
99
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Sebuah tangki minyak yang berbentuk tabung
berjari-jari alas 1 m. Jika panjang tangki 28 dm, berapa liter minyak yang
dapat dimuat oleh tangki tersebut?________________
A. 8.200
liter
B. 8.400
liter
C. 8.600
liter
D. 8.800
liter
100
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Atap suatu rumah berbentuk limas. Alasnya berbentuk
persegi panjang dengan panjang 20 m dan lebar 10 m. Jika tinggi limas 2 m,
berapa meter kubik udara yang ada dalam ruangan atap tersebut?________________
A. 250
m3
B. 350
m3
C. 400
m3
D. 600
m3
101
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Volume prisma segitiga pada gambar di samping adalah
...________________
A. 1.257
m3
B. 1.344
m3
C. 1.500
m3
D. 1.616
m3
102
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Volume bangun di samping adalah ...________________
A. 240
m3
B. 360
m3
C. 480
m3
D. 600
m3
103
4.3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Garis tengah lingkaran alas sebuah tabung 14 cm dan
tingginya 10 cm
Volumenya adalah ...________________
A. 4.750
m3
B. 5.280
m3
C. 6.610
m3
D. 6.780
m3
104
4.4.1.
Menyajikan data dalam bentuk diagram
Diketahui siswa yang menyukai olahraga voli 25%,
sepak bola 50%, bulu tangkis 15%, dan sisanya tenis dan senam.Jika jumlah semua
siswa 120, maka yang menyukai olahraga tenis sejumlah ...________________
A. 3
siswa
B. 4
siswa
C. 5 siswa
D. 6
siswa
105
4.4.1.
Menyajikan data dalam bentuk diagram
Jumlah seluruh siswa kelas IV, V, dan VI adalah ...
________________
A. 145
siswa
B. 155
siswa
C. 165
siswa
D. 175
siswa
106
4.4.1.
Menyajikan data dalam bentuk diagram
Data ulangan harian Budi : 60, 70, 75 dan 65. Maka
rata-rata nilai ulangan Budi adalah ...________________
A. 65
B. 67,5
C. 70
D. 72,5
107
4.4.1.
Menyajikan data dalam bentuk diagram
Berikut data nilai rapot salah seorang siswa : 8, 6,
7, 8, 9, 7, 8, 9, 6, 8,
Rata-rata nilai rapot siswa tersebut adalah
...________________
A. 7,4
B. 7,5
C. 7,6
D. 6,6
108
6.2.2
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
Sel yang hidup memiliki diding primer dengan lubang
kecil disebut ...________________
A. Parenkim
floem
B. Serabut
floem
C. Sel
pengiring
D. Buluh
tapis
109
6.2.2
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
Jaringan yang terdapat bagian kulit kayu berfungsi
menyalurkan zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan, disebut
jaringan ...________________
A. Xilem
B. Floem
C. Parenkim
D. Trakeal
110
6.2.2
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
Jaringan yang terdapat pada bagian kayu tanaman yang
berfungsi menyalurkan air dari akar menuju bagian atas tanaman, disebut
Jaringan ...________________
A. Xilem
B. Floem
C. Parenkim
D. Trakeal
111
6.2.2
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
Di dalam jaringan floem terdapat bagian yang
berbentuk silinder-silinder dan lebih besar daripada sel-sel disebut dengan ...
________________
A. Sel
Pengiring
B. Buluh
Tapis
C. Parenkim
Floem
D. Trakeal
112
KD 6.4.1
Memilih alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur
Diantara alat pengukur panjang berikut, yang
memiliki kepresisian paling tinggi adalah ...________________
A. Mistar
B. Jangka
Sorong
C. Mikrometer
Sekrup
D. Lup
113
KD 6.4.1
Memilih alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur
Untuk mengukur kuat arus listrik kita menggunakan
...
________________
A. Amperemeter
B. Volt
meter
C. Higrometer
D. Barometer
114
KD 6.4.1
Memilih alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur
Untuk mengukur tegangan listrik kita menggunakan ...
________________
A. Amperemeter
B. Volt
meter
C. Higrometer
D. Barometer
115
6.3.2
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
penyakit paru-paru yang diakibatkan serangan bakteri
mycobacterium tuberculosis dapat mengakibatkan penyakit ...________________
A. TBC
B. Asma
C. Bronkhitis
D. Laringitis
116
6.3.2
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
Seseorang mengalami Penyempitan saluran pernapasan
akibat terjadinya pembengkakan kelenjar limfa di dalam tubuhnya. Penyakit ini
dikenal dengan nama ...________________
A. TBC
B. Asma
C. Polip
D. Laringitis
117
6.3.2
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
Seseorang mengalami gangguan pernapasan karena
penyempitan saluran pernapasan.
Penyakit ini dikenal dengan nama ...________________
A. TBC
B. Asma
C. Polip
D. Laringitis
118
6.3.2
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
Seorang siswa didiagnosis mengalami gejala yang
ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan
terasa gatal.
Penyakit ini disebabkan oleh virus
...________________
A. H5N1
B. Influenza
C. Mycobacterium
D. Cytomegalovirus
119
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Ganbar diatas menunjukkan sifat cahaya yaitu
...________________
A. Merambat
Lurus
B. Menembus
Benda Bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
120
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Berkas lampu sorot pada malam hari menunjukkan salah
satu sifat cahaya yaitu________________
A. Merambat
lurus
B. Menembus
benda bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
121
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Percobaan diatas menunjukkan salah satu sifat cahaya
yaitu...________________
A. Merambat
lurus
B. Menembus
benda bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
122
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Percobaan diatas menunjukkan salah satu sifat cahaya
yaitu...________________
A. Merambat
lurus
B. Menembus
benda bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
123
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Jika kita berada di dalam ruangan berkaca berwarna
bening dan kita memandang ke halaman kita dapat melihat anak-anak yang sedang
bermain di halaman.
Percobaan diatas menunjukkan salah satu sifat cahaya
yaitu...________________
A. Merambat
lurus
B. Menembus
benda bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
124
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Jika cahaya mengenai benda yang gelap (tidak bening)
misalnya pohon, tangan, mobil, maka akan membentuk bayangan.
Percobaan diatas menunjukkan salah satu sifat cahaya
yaitu...________________
A. Merambat
lurus
B. Menembus
benda bening
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
125
6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya
Peristiwa terbentuknua Pelangi menunjukkan salah
satu sifat cahaya yaitu...________________
A. Merambat
lurus
B. Diuraikan
C. Dibiaskan
D. Dipantulkan
126
6.7.1
Mengelompokkan planet-planet dalam tata surya
Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet
dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Berikut adalah Planet yang
ada dibagian luar , kecuali ...________________
A. Mars
B. Saturnus
C. Merkurius
D. Jupiter
127
6.7.1
Mengelompokkan planet-planet dalam tata surya
Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet
dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Berikut adalah Planet yang
ada dibagian dalam , kecuali ...________________
A. Tidak
ada jawaban yang benar
B. Bumi
C. Merkurius
D. Venus
128
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Menurut teori ini mula-mula ada sebuah nebula yang
baur dan hampir bulat yang berotasi dengan kecepatan sangat lambat sehingga
mulai menyusut.Akibatnya terbentuklah sebuah cakram datar bagian tengahnya.penyusutan
berlanjut dan terbentuk matahari di pusat cakram.
Fenomena di atas termasuk ke dalam teori
...________________
A. Teori
Kabut
B. Teori
Planetesimal
C. Teori
Bintang Kembar
D. Teori
Pasang Surut
129
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Matahari sebelumnya telah ada sebagai salah satu
dari bintang-bintang yang banyak di langit.Suatu ketika bintang berpapasan
dengan Matahari dalam jarak yang dekat.Karena jarak yang dekat, tarikan
gravitasi bintang yang lewat sebagian bahan dari Matahari(mirip lidah raksasa)
tertarik ke arah bintaang tersebut.
Fenomena di atas termasuk ke dalam teori
...________________
A. Teori
Kabut
B. Teori
Planetesimal
C. Teori
Bintang Kembar
D. Teori
Pasang Surut
130
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Matahari merupakan bintang kembar kemudian bintang
kembarannya meledak menjadi kepingan-kepingan.Karena pengaruh gaya gravitasi
bintang yang tidak meledak(Matahari),maka kepingan-kepingan itu bergerak mengitari
bintang tersebut dan menjadi planet-planet.
Fenomena di atas termasuk ke dalam teori
...________________
A. Teori
Kabut
B. Teori
Planetesimal
C. Teori
Bintang Kembar
D. Teori
Pasang Surut
131
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Tata surya terbentuk oleh efek pasang gas-gas
Matahari akibat gaya gravitasi bintang besar yang melintasi Matahari.Gas-gas
tersebut terlepas dan kemudian mengelilingi Matahari.Gas-gas panas tersebut
kemudian berubah menjadi bola-bola cair dan secara berlahan mendingin serta
membentuk lapisan keras menjadi planet-planet dan satelit.
Fenomena di atas termasuk ke dalam teori
...________________
A. Teori
Kabut
B. Teori
Planetesimal
C. Teori
Bintang Kembar
D. Teori
Pasang Surut
132
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
tata surya terbentuk oleh gumpalan awan gas dan yang
jumlahnya sangat banyak.Suatu gumpalan mengalami pemampatan dan menarik
partikel-partikel debu membentuk gumpalan bola.Pada saat itulah terjadi pilinan
yang membuat gumpalan bola menjadi pipih menyerupai cakram (tebal bagian tengah
dan pipih di bagian tepi).Karena bagian tengah berpilin lambat mengakibatkan
terjadi tekanan yang menimbulkan panas dan cahaya(Matahari).Bagian tepi cakram
berpilin lebih cepat sehingga terpecah menjadi gumpalan yang lebih
kecil.Gumpalan itu kemudian membeku menjadi planet dan satelit.
Fenomena di atas termasuk ke dalam teori
...________________
A. Teori
Kabut
B. Teori
Planetesimal
C. Teori
Bintang Kembar
D. Teori
Proto Planet
133
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Teori ini menyatakan matahari dan bumi berasal dari
sumber materi yang berbeda dan terbetuk pada waktu yang berbeda.
Teori ini dikenal dengan nama ...________________
A. Teori
Monistik
B. Teori
Dualistik
C. Teori
Kembar
D. Teori
Planet
134
6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Teori ini menyatakan menyatakan bahwa matahari dan
planet berasal dari materi yang sama.
Teori ini dikenal dengan nama ...________________
A. Teori
Monistik
B. Teori
Dualistik
C. Teori
Kembar
D. Teori
Planet
135
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Jika sebuah logam yang salah satu ujungnya
dipanaskandalam selang waktu tertenu, ujung lainnya pun akan terasa panas. Hal
ini menunjukkan bahwa pada batang logam tersebut terjadi aliran atau
perpindahan kalor dari bagian logam yang bersuhu tinggi ke bagian logam yang
bersuhu rendah.
Hal ini merupakan contoh perpindahan kalor yang
disebut ... ________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
136
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Padasaat anda memenaskan air di kompor menggunakan
sebuah panci, akan terjadi perambatan kalor dari air yang ada di dasar panci ke
permukaan.
Hal ini merupakan contoh perpindahan kalor yang
disebut ... ________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
137
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Saat acara api unggun pada kegiatan Pramuka di
sekolah,kita dapat merasakan hangat di sekitar nyala api unggun
Hal ini merupakan contoh perpindahan kalor yang
disebut ... ________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
138
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Perambatan panas dengan tidak diikuti perpindahan
zat disebut dengan ...________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
139
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Perambatan panas tanpa diikuti pelantara apapun
disebut dengan ...________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
140
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Perambatan panas yang diikuti dengan perpindahan zat
disebut dengan ...________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
141
6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Setrika listrik dan solder menggunakan prinsip
perpindahan kalor secara ...________________
A. Konveksi
B. Radiasi
C. Konduksi
D. Pulsasi
142
6.6.4
Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
Pemasangan kaca jendela pada bingkai yang rapat
(tidak ada celah) dapat menyebabkan kaca pecah karena ...________________
A. kaca
jendela akan memuai jika terkena panas (suhu naik).
B. kaca
jendela akan memuai jika terkena panas (suhu turun).
C. kaca
jendela akan melengkung jika terkena panas (suhu naik).
D. kaca
jendela akan memadat jika terkena panas (suhu naik).
143
6.6.4
Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
Berikut adalah permasalahan yang timbul akibat
pemuaian zat, kecuali ...________________
A. Pemasangan
kaca jendela pada bingkai yang rapat
B. Rel
kereta api dapat bengkok (melengkung)
C. Pada
jembatan layang dibuat celah dari keping baja
D. Menyimpan
ban sepeda yang telah dipompa di keramik
144
6.6.3 Menganalisis
jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
Pemain bola menendang bola, sapi menarik pedati, dan
sebagainya.
Adalah contoh dari gaya ...________________
A. Gaya
otot
B. Gaya
pegas
C. Gaya
gesek
D. Gaya
magnet
145
6.6.3
Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
Seorang siswa menghapus papan tulis, ketika kita
mengerem sepeda, ayah mengasah pisau.
Adalah contoh dari gaya ...________________
A. Gaya
otot
B. Gaya
pegas
C. Gaya
gesek
D. Gaya
magnet
146
6.6.3
Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
Ujung gunting untuk memudahkan mengambil jarum
jahit.
Adalah penerapan dari gaya ...________________
A. Gaya
otot
B. Gaya
pegas
C. Gaya
gesek
D. Gaya
magnet
147
6.6.3
Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
orang yang sedang memanah, orang yang melompat dari
trampolin
Adalah penerapan dari gaya ...________________
A. Gaya
otot
B. Gaya
pegas
C. Gaya
gesek
D. Gaya
magnet
148
6.6.2
Menyelidiki konsep kelistrikan dan kemagnetan
Konsep yang sama-sama dimiliki listrik dan magnet
yaitu ...________________
A. memiliki
dua kutub yang berbeda
B. memiliki
dua kutub yang sama
C. memiliki
konduktor dan isolator
D. memiliki
arus
149
6.5.1
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
Kulit buah yang semula berwarna kuning akan berubah
menjadi cokelat kehitaman. Apabila dipegang, daging buahnya terasa lunak.
Hal tersebut adalah contoh perubahan sifat benda
dikarenakan ...________________
A. pembusukan
B. pemuaian
dan penyusutan
C. pencampuran
dengan air
D. pembakaran
150
6.5.1
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
Balon yang Balon yang berisi udara penuh jika
dibiarkan terkena panas matahari lama kelamaan akan meletus
Hal tersebut adalah contoh perubahan sifat benda
dikarenakan ...________________
A. pembusukan
B. pemuaian
dan penyusutan
C. pencampuran
dengan air
D. pembakaran
151
6.5.1
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
Berikut adalah penyebeb perubahan sifat benda,
kecuali ...________________
A. pembusukan
B. pemuaian
dan penyusutan
C. pencampuran
dengan air
D. peleburan
152
6.2.1
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang dihasilkan fotosintesis adalah
...________________
A. Glukosa
+ 6 O2
B. Glukosa
+ 6 CO2
C. Glukosa
+ 3 O2
D. Glukosa
+ 3 CO2
153
6.2.1
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang disebut juga fotolisis karena proses penyerapan
energi cahaya dan penguraian molekul air menjadi oksigen dan hidrogen, disebut
dengan ...________________
A. Reaksi
Terang
B. Reaksi
Gelap
C. Reaksi
Hidrolisis
D. Reaksi
Cahaya
154
6.2.1
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang berlangsung di dalam stroma yang
membentuk gula dari bahan dasar CO2 yang diperoleh dari udara dan energi pada
fotosintesis disebut dengan ...________________
A. Reaksi
Terang
B. Reaksi
Gelap
C. Reaksi
Hidrolisis
D. Reaksi
Cahaya
155
6.2.1 Menganalisis
proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida
kemudian diubah menjadi ...________________
A. Glukosa
dan Oksigen
B. Karbohidrat
dan Glukosa
C. Karbohidrat
dan Oksigen
D. Glukosa
dan Karbondioksida
156
5.1.3
Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa
dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA
Siswa melakukan penyelidikan dan pengamatan melalui
observasi untuk menemukan jawaban-jawaban dari rasa ingin tahu yang dimiliki
oleh siswa. Dalam kegiatan ini guru menyiapkan lembar pengematan bagi siswa
agar siswa mencatat semua proses pengamatannya sehingga mendapatkan kesimpulan
akhir berkenaan dengan pembelajaran IPA.
Model pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan
tahap diatas disebut dengan metode ...________________
A. Inkuiri
B. Relasional
C. Aktivitas
D. Probabilitas
157
5.1.3
Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa
dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA
- Mengkaji GBPP IPA untuk menganalisis konsep-konsep
penting yang akan diajar.
- Membuat bagan konsep yang menghubungkan konsep
satu dengan konsep lannya
- Memilih tema sentral yang dapat menjadi payung
untuk memadukan konsep-konsep tersebut
- Membuat TPK dan deskripsi kegiatan pembelajaran
yang disesuaikan dengan ingkat perkembangan untuk setiap kondep.
- Menyusun bahan bacaan berupa bacaan cerita yang
mengacu pada tema, disertai gambar dan permainan.
- Menyusun jadwal kegiatan dan alokasi waktu yang
diperlukan secara proporsional.
- Menyusun kisi-kisi perangkat tes dan soal tes.
Karakteristik model pembelajaran diatas sesuai
dengan metode pembelajaran________________
A. Inkuiri
B. Terpadu
C. Aktivitas
D. Probabilitas
158
5.1.2
Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat,
cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar.
Beberapa rumusan pembelajaran (prose, produk, dan
sikaf) sifat benda padat, cair dan gas adalah untuk mencapai tujuan berikut,
kecuali ...________________
A. Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
B. Dengan
percobaan, siswa dapat mengelompokkan benda-benda padat, cair dan gas.
C. Melalui
pengamatan siswa dapat member contoh pemanfaat benda padat, cair dan gas dalam
kehidupan sehari-hari.
D. Melalui
pengamatan, siswa dapat menemukan sifat benda yang baru
159
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Gerak Benda
" , Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Eksperimen
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
160
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Sifat Benda
" , Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Demonstrasi
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
161
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Jenis Makanan
Hewan " , Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Demonstrasi
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
162
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Gerhana Bulan
dan Matahari" , Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Demonstrasi
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
163
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran "Struktur
Bumi" , Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Demonstrasi
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
164
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran "Fotosintesis"
, Metode pembelajaran IPA yang paling tepat digunakan adalah
...________________
A. Metode
Eksperimen
B. Metode
Ceramah
C. Metode
Diskusi
D. Metode
Bermain Peran
165
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Berikut adalah keunggulan metode ceramah, kecuali
...________________
A. Menyampaikan
materi lebih banyak dibandingkan materi lain
B. Pada
pembelajaran IPA tidak diperlukan terlalu banyak peralatan laboratorium
C. Dapat
membangkitkan aktivitas siswa
D. Konsep
yang dipelajari akan mudah diingat karena dilihat secara langsung
166
5.1.4
Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
Berikut adalah kelemahan metode eksperimen, kecuali
...________________
A. Memerlukan
bahan dan alat praktik yang banyak
B. Kalau
tidak diawasi dengan baik, kadang siswa main-main
C. Memerlukan
waktu lebih lama dibanding metode demonstrasi
D. Siswa
kurang terlatih dalam penggunaan alat
167
5.1.5
Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA
(produk, proses, dan sikap ilmiah)
Berikut adalah fungsi Assesmen dalam Pembelajaran
IPA Sekolah Dasar, kecuali ...________________
A. Sebagai
alat untuk merencanakan, pedoman, memperkaya pembelajran IPA di kelas.
B. Sebagai
alat untuk memonitor hasil belajar IPA dan perbaikan pembelajaran.
C. Sebagai
alat untuk memperbaiki kurikulum dan pengajaran IPA
D. Sebagai
alat untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA yang telah diekspektasikan
sebelumnya
168
5.1.5
Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA
(produk, proses, dan sikap ilmiah)
Asesmen Sumatif dilaksanakan pada saat
...________________
A. Sebelum
pembelajaran
B. Pada
saat pembelajaran
C. Setelah
pembelajaran
D. Pada
saat 3/4 pembelajaran
169
5.1.5
Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA
(produk, proses, dan sikap ilmiah)
Asesmen Formatif dapat dilakukan dengan cara sebagai
berikut...________________
A. Lisan
dan Tulisan
B. Unjuk
Kerja dan Tulisan
C. Lisan,
Tulisan, dan Unjuk Kerja
D. Jurnal
170
5.1.5
Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA
(produk, proses, dan sikap ilmiah)
Asesmen Diagnostik dapat dilakukan dengan cara
sebagai berikut...________________
A. Lisan
dan Tulisan
B. Unjuk
Kerja dan Tulisan
C. Lisan,
Tulisan, dan Unjuk Kerja
D. Jurnal
171
6.2.3
Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
Kebun botani (raya), arboretum, kebun binatang dan
aquarium adalah metode konservasi dengan cara ...________________
A. Insitu
B. Eksitu
C. Evolusionari
D. Dumping
172
6.2.3
Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
Hutan Lindung adalah metode konservasi dengan cara
...________________
A. Insitu
B. Eksitu
C. Evolusionari
D. Dumping
173
6.2.3
Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
konservasi suatu species di luar habitat aslinya
disebut dengan konservasi...________________
A. Insitu
B. Eksitu
C. Evolusionari
D. Dumping
174
6.3.1
menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berhubungan dengan sistem pencernaan
pada manusia
Fungsi kelenjar ludah yang benar adalah
...________________
A. Membantu
mencerna makanan
B. Membantu
menelan
C. Membantu
agar mulut tidak kering
D. Membantu
mulut agar tidak lembab
175
6.3.1
menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berhubungan dengan sistem pencernaan
pada manusia
Fungsi kelenjar ludah yang benar adalah sebagai
berikut, kecuali ...________________
A. Melicinkan
dan membasahi rongga mulut sehingga membantu proses mengunyah dan menelan
makanan
B. Membasahi
dan melembutkan makanan menjadi bahan setengah cair ataupun cair sehingga mudah
ditelan dan dirasakan
C. Mempunyai
aktivitas antibacterial dan sistem buffer
D. Membantu
mulut agar berada dalam keadaan lembab
176
6.3.1
menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berhubungan dengan sistem pencernaan
pada manusia
Kelenjar yang berfungsi menghasilkan enzim
pencernaan yang dialirkan menuju duodenum, yaitu:enzim amilase, enzim
tripsinogen, enzim lipase dan NaHCO3 adalah kelenjar ... ________________
A. Saliva
B. Pankreas
C. Usus
Halus
D. Lambung
177
6.3.3
mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Rangka tubuh manusia memiliki fungsi utama sebagai
berikut, kecuali ...________________
A. Memberi
bentuk tubuh
B. Tempat
melekatnya otot
C. Sistem
kekebalan tubuh
D. Menjamin
kekokohan tubuh
178
6.3.3
mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Bagian tubuh yang berkontraksi , berfungsi untuk
menggerakan bagian-bagian tubuh baik yang di sadari maupun yang tidak disebut
dengan ...________________
A. otot
B. tulang
C. rangka
D. jaringan
179
6.3.3
mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Pernyataan yang benar berkaitan dengan otot dan
rangka adalah ...________________
A. Otot
hanya berkontraksi, tidak berelaksasi
B. 60%
berat tubuh kita terdiri dari otot
C. Rangka
tidak dapat bergerak sendiri, namun dibantu otot
D. Manusia
bisa bergerak cukup dengan otot saja
180
6.6.3
Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut adalah cara penghematan listrik yang baik,
kecuali ________________
A. Tidak
sering membuka pintu kulkas
B. Mengatur
tingkat kepanasan setrika
C. Menggunakan
lampu hemat energi
D. Menggunakan
TV dan Radio bersamaan untuk menggali informasi
181
6.6.3
Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut ini adalah contoh energi terbarukan, kecuali
...________________
A. Energi
Matahari
B. Energi
Nuklir
C. Energi
Laut
D. Energi
Minyak Bumi
182
6.6.3
Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut ini adalah contoh perubahan energi, dari
energi cahaya menjadi energi kimia yaitu pada ...________________
A. Baterai
B. Fotosintesis
C. Solder
Listrik
D. Tenaga
surya
Menurut Kutanto, jenis-jenis karangan ada lima yaitu
Narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan argumentasi. Berikut penjelasan
dari masing-masing karangan tersebut berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya:
1. KARANGAN NARASI
Karangan narasi adalah karangan yang menyajikan
serangkaian peristiwa yang biasanya disusun
menurut urutan waktu. Yang termasuk narasi ialah cerpen,
novel, roman, kisah
perjalanan, biografi, otobiografi.
Ciri-ciri / karakteristik karangan Narasi
a.
Menyajikan serangkaian berita atau peristiwa
b.
Disajikan dalam urutan waktu serta kejadian yang menunjukkan peristiwa awal
sampai akhir
c.
Menampilkan pelaku peristiwa atau kejadian
d. Latar
(setting) digambarkan secara hidup dan terperinci
Contoh karangan narasi:
Minggu, 23 April, Pukul 08.00 pagi, peserta perjalanan ”Susur Sungai
Cikapundung” sudah mulai berkumpul di sekretariat KMPA di Sunken Court W–03.
Satu jam kemudian, rombongan berangkat menuju Curug Dago, dengan sedikit naik
ke arah hulu di mana perjalanan itu dimulai. Tanpa ragu, peserta mulai
menyusuri Cikapundung meskipun ketinggian air hampir mencapai sebatas pinggang.
Ketinggian air pun meningkat sekitar 50 cm setelah hujan deras mengguyur
Bandung hampir sehari penuh kemarin, Sabtu 22 April 2006. Hari tersebut
bertepatan dengan Hari Bumi.
Derasnya air Sungai Cikapundung tidak mengecilkan
hati para peserta yang mengikuti acara ”Susur Sungai Cikapundung”. Acara ”Susur Sungai Cikapundung” ini
merupakan salah satu acara dari serangkaian kegiatan Pekan Hari Bumi se–ITB
yang diadakan oleh Unit Kegiatan KMPA (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam) yang
bekerja sama dengan PSIK (Perkumpulan Studi Ilmu Masyarakat). Acara ”Susur Sungai Cikapundung” ini diikuti
oleh 24 orang yang terdiri atas berbagai
unit kegiatan ITB seperti PSIK, KMPA,
Teknik Pertambangan, Nymphea, Planologi dan 3 orang pelajar dari SMP al-Huda
dan satu pelajar dari SMK Dago. (Somad, 2007).
2. Karangan
Deskripsi
Karangan Deskripsi adalah karangan yang
menggambarkan atau melukiskan sesuatu seakan-akan pembaca melihat, mendengar,
merasakan, mengalaminya sendiri.
Ciri-ciri / karakteristik karangan deskripsi:
a. Melukiskan atau menggambarkan suatu objek
tertentu
b. Bertujuan untuk menciptakan kesan atau
pengalaman pada diri pembaca agar
seolah-olah mereka melihat, merasakan, mengalami atau mendengar, sendiri
suatu objek yang dideskripsikan
c. Sifat penulisannya objektif karena selalu
mengambil objek tertentu, yang dapat berupa
tempat, manusia, dan hal yang dipersonifikasikan
d. Penulisannya dapat menggunakan cara atau
metode realistis (objektif), impresionistis (subjektif), atau sikap penulis
Contoh karangan deskripsi:
Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah
gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka
bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120
meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami
menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah
utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah
timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang
berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw. (Somad,
2007).
3. Karangan
Eksposisi
Karangan Eksposisi adalah bentuk karangan yang
memaparkan, memberi keterangan, menjelaskan,memberi informasi sejelas-jelasnya
mengenai suatu hal.
Ciri-ciri / karakteristik karangan Eksposisi:
a. Menjelaskan informasi agar
pembaca mengetahuinya
b. Menyatakan sesuatu yang
benar-benar terjadi (data faktual)
c. Tidak terdapat unsur
mempengaruhi atau memaksakan kehendak
d. Menunjukkan analisis atau penafsiran secara
objektif terhadap fakta yang ada
e. Menunjukkan sebuah peristiwa
yang terjadi atau tentang proses kerja sesuatu
Contoh karangan eksposisi:
Flu burung adalah suatu penyakit menular yang
disebabkan oleh virus inluenza yang ditularkan oleh unggas yang dapat menyerang
manusia. Nama lain dari penyakit ini antara lain avian inluenza. Adapun
definisi dari berbagai kasusnya adalah sebagai berikut.
1. Kasus Suspect
Kasus suspect adalah kasus seseorang yang menderita
ISPA dengan gejala demam (temperatur 38°C), batuk dan atau sakit tenggorokan
dan atau beringus serta dengan salah satu keadaan. Hal ini terjadi biasanya
karena seminggu terakhir mengunjungi peternakan yang sedang berjangkit flu
burung. Kemudian, orang tersebut kontak dengan virus lu burung yang dalam masa
penularan. Hal lainnya jika orang yang bekerja pada suatu laboratorium dan
sedang memproses spesimen manusia atau binatang yang dicurigai menderita flu
burung.
2. Kasus Probable
Kasus
probable adalah kasus suspect
disertai salah satu keadaan bukti laboratorium terbatas yang mengarah kepada
virus inluenza A (H5N1). Misalnya, test HI yang menggunakan antigen H5N1 dalam
waktu singkat berlanjut menjadi pneumonial gagal pernapasan atau meninggal dan
terbukti tidak adanya penyebab lain. (Somad, 2007).
4. Karangan
Persuasi
Karangan Persuasi adalah karangan yang tujuannya
untuk membujuk pembaca agar mau mengikuti kemauan atau ide penulis disertai
alasan bukti dan contoh konkrit.
Ciri-ciri / karakteristik karangan persuasi:
1. Terdapat
himbauan atau ajakan
2. Berusaha
mempengaruhi pembaca
Contoh karangan persuasi:
Jika senang bepergian, Anda tentunya memiliki banyak
persiapan dalam menghadapi liburan ini. Persiapan yang terpenting adalah
kesehatan fisik. Anda tidak mungkin dapat berlibur jika terserang penyakit.
Oleh karena itulah, kami ciptakan sebuah produk multivitamin terbaik. Selain
vitamin A, B Kompleks, dan vitamin C, multivitamin ini pun diperkaya oleh
vitamin D yang dapat menguatkan tulang, serta vitamin E agar kulit Anda
senantiasa sehat. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, berbagai aktivitas dapat
Anda lakukan dengan bersemangat. Jika Anda ingin senantiasa sehat dan
mendapatkan khasiat dari Xavier-C, segera kunjungi apotek terdekat di kota
Anda. Dijamin, Anda tidak akan pernah merasa kecewa. (Somad, 2007).
5. Karangan
Argumentasi
Karangan Argumentasi adalah karangan yang isinya
bertujuan meyakinkan atau mempengaruhi pembacaterhadap suatu masalah dengan
mengemukakan alasan, bukti, dan contoh nyata.
Ciri-ciri / karakteristik karangan Argumentasi:
a. Berusaha meyakinkan pembaca akan kebenaran
gagasan pengarang sehingga kebenaran
itudiakui oleh pembaca
b. Pembuktian dilengkapi dengan data, fakta, grafik,
tabel, gambar
c. Dalam argumentasi pengarang berusaha
mengubah sikap, pendapat atau pandangan
pembaca
d. Dalam membuktikan sesuatu, pengarang
menghindarkan keterlibatan emosi dan
menjauhkan subjektivitas
e.
Dalam membuktikan kebenaran pendapat pengarang, kita dapat
menggunakan bermacam-macam
pola pembuktian
Contoh karangan argumentasi:
Dengan perubahan pola pada program ospek, yakni
dengan meninggalkan pola perpeloncoan, tentunya masyarakat lebih banyak yang
setuju. Lain halnya terhadap ospek yang disertai hukuman-hukuman dengan alasan
menguji mental, menempa kekuatan isik, sumpah serapah, atau mengenakan
atribut lucu-lucuan, mungkin akan lebih
banyak yang menolaknya. Bagi para orangtua, misalnya –di samping bangga dan
bahagia– sudah cukup berat dan repot tatkala anaknya diterima di perguruan
tinggi. Mereka bukan saja harus menyediakan dana cukup besar untuk bayar uang
kuliah, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan lain seperti uang kos dan biaya
sehari-hari bagi mereka yang berasal dari luar kota. Jika dibebani lagi harus
beli ini itu untuk kegiatan ospek, rasanya beban tersebut semakin menumpuk.
Lebih kecewa dan sakit lagi jika anaknya tiba-tiba harus pulang karena jadi
korban kelalaian mahasiswa seniornya.
Sekali lagi, kita patut bersyukur karena tampaknya
kegiatan ospek di kampus-kampus sudah ada perubahan ke arah yang lebih bermakna
positif. Sudah saatnya kita meninggalkan perpeloncoan. Hidup ini sudah begitu
keras untuk diperjuangkan, jangan ditambah lagi dengan kekerasan yang lain.
(Somad, 2007).