Saturday, March 31, 2018

TUTORIAL INTERPOLASI BATIMETRI DENGAN ARC VIEW GIS 3.2

Tags


TUTORIAL INTERPOLASI BATIMETRI DENGAN ARC VIEW GIS 3.2
 
  1. Buka ArcView GIS 3.2 pilih as a blank project. Pilih menu file→extension dan aktifkan, Digitizer, JPEG Image Support, Projection Utility Wizard, Spatial Analyst, TIFF 6.0 Image Support dengan mengkliknya dan muncul tanda checklist.
  2. Klik icon  (Add Theme) untuk memilih peta yang akan didigitasi. Cari peta pada Drives : d,  pilih Image Data Source pada Data Source Type, pilih petanya, kemudian Ok.
  3.  Kemudian munculkan peta dengan meng-check list peta di kolom sebelah kiri.
  4. Kemudian pilih  View , New Theme, pilih Feature Type :  Point dan klik OK.  Buatlah nama file yang baru untuk menyimpan data, dan OK.Perbesar peta dan buatlah batasan area yang akan didigit dengan (Draw Point ) 
  5. Pilih (Open Theme Table) untuk melihat tampilan tabel dari data kemudian pilih Edit , Add Field, akan muncul window Field Definition. Ubah nama file pada Name, pilih Type : Number, Decimal Places : 0 (sesuai dengan berapa banyak angka yang diinginkan di belakang koma), lalu pilih OK.
  6. Pilih (Query Builder), kemudian double klik pada fields ID, dan masukkan nilai nol (ID =0), Add to set. Lalu pilih (Calculate), masukkan nilai nol (0) pada Depth dan OK. 
  7. Pilih (Select none) kemudian kembali pada tampilan view (peta). Lakukan digitasi kedalaman dengan memilih ikon . (Sebelumnya jangan lupa pilih Start editing pada Theme.
  8. Setiap melakukan digitasi, masukkan angka kedalamannya disertai tanda minus pada tampilan tabelnya.
  9. Setelah semua data digitasi dimasukkan pilih Stop Editing. Kemudian pilih View, Properties, ubah satuan Map Units dan Distance Units  dalam meter.
  10. Pilih File,  ArcView Projection Utility , pilih data yang akan diinterpolasi, next. Kemudian pilih Coordinate System Type : Geographic , Name :  WGS 1984 dan  Units : degree, next. Ganti Coordinate System Type dengan  Projected, Name : WGS 1984 UTM Zone 51S, Units : meter , next . Terakhir buat nama untuk shape file yang baru dan Finish.
  11. Klik file digitan agar digitan dapat di-blok. Kemudian blok semua digitan, pilih  Surface,  Interpolate Grid, Output grid extent : same as  *shp,klik OK,  Interpolated surface,  Methode:  spline dan OK.
  12. Untuk melakukan reclass dapat dilakukan dengan double click  pada file hasil interpolasi di kolom kiri kemudian pilih Classify.

Artikel Terkait