Saturday, February 17, 2018

SAUS TOMAT DAN SAMBAL BERBAHAYA BAHANNYA BUKAN TOMAT DAN BUKAN CABE

Tags



SAUS TOMAT DAN SAMBAL BERBAHAYA
BAHANNYA BUKAN  TOMAT DAN  BUKAN CABE

SEMARANG: Anda penggemar saus tomat dan sambal ketika membeli bakso, mie, atau makanan lain? Hati-hati karena kedua saus itu dapat menimbulkan kerusakan ginjal, hati, dan pemicu kanker. Saus tersebut ternyata bahan bakunya tidak menggunakan tomat dan cabe. Saus tersebut harganya murah dan banyak digunakan oleh penjual bakso, mie, nasi goreng dan segala macam makanan lainnya.
TOMAT DAN CABE BUSUK

Tim Sigi di Semarang berhasil mengungkap proses pembuatan saus tomat dan sambal yang bahan bakunya tomat dan cabe busuk. Para penjual tomat dan cabe tidak membuang dagangannya akan tetapi dijual ke pembuat saus dengan harga murah. Jadi bahan baku yang diperlukan mudah diperoleh di pasar. Selain cabe dan tomat busuk, bahan baku lainnya adalah pepaya dan bawang yang juga busuk. Pembuat saus juga menambahkan bahan kimia berbahaya, misalnya pewarna tembok atau pewarna tekstil, bahan pengawet.
Selain bahannya tidak layak makan, proses pembuatannya juga tidak higienes. Rumahnya kotor. Lingkungannya kotor. Cabe atau tomat tidak diblender melainkan dijinjak-injak. Bahan-bahan itu dimasukkan tong/drum, lalu dipanasi. Akhirnya dimasukkan plastik atau wadah untuk disetor ke pasar atau penjual.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon