SOAL SMP KELAS 7 SEMESTER GENAP PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
Bahasa Indonesia |
Pilihlah
Salah Satu Jawaban Yang Dianggap Benar
1. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari
gurindam adalah
a. Nasihat
b. Cerita
c. Filosofi hidup
d. Kata-kata mutiara
2. Semua baris dalam syair adalah
a. Isi
b. Perkenalan
c. Anjuran
d. Nasehat
Perhatikan Pantun Berikut (soal 3 s/d 6 )
1) Tajin diolah jadilah jamu
2) Beras direndam jadilah tajin
3) Belajarlah dengan tekun dan rajin
4) Agar dapat kau gapai citamu
3. Jenis pantun tersebut adalah . . . .
a. pantun agama
b. pantun jenaka
c. pantun nasehat
d. pantun berkasih-kasihan
4. Baris pertama dan kedua pada pantun disebut .
. . .
a. Isi
b. Larik
c. Paragraf
d. sampiran
5. Baris ketiga daan keempat pada pantun disebut
. . . .
a. Isi
b. Larik
c. Sajak
d. Sampiran
6. Isi dari pantun tersebut adalah . . . .
a. Memberitahu cara mengolah tajin menjadi jamu
b. Mengajak kita rajin belajar agar dapat
menggapai cita-cita
c. Menghibau pada kita untuk meminum tajin agar
rajin belajar
d. Mengatakan bahwa kita dapat menggapai
cita-cita tanpa belajar
7. Fungsi pantun di hampir semua daerah adalah
sama, yaitu untuk
a. Bercanda dan bergembira
b. Belajar dengan ceria
c. Mendidik dan menghibur
d. Mengenalkan pribadi pada kearifan lokal
8. Berikut ini yang bukan merupakan puisi rakyat
adalah
a. Pantun
b. Syair
c. Gurindam
d. Deklamasi
9. Pengulangan bunyi yang bisa di akhir sajak
disebut dengan
a. Pantun
b. Gurindam
c. Rima
d. Puisi
10.
Gurindam adalah jenis puisi lama yang berasal dari...
a. Pakistan
b. Bangladesh
c. Malaysia
d. India
11.
Cahari olehmu akan sahabat
Yang
boleh dijadikan obat
Di
atas adalah contoh puisi lama berupa...
a. Pantun
b. Syair
c. Gurindam
d. Deklamasi
12.
Kisah kupu-kupu berhati mulia merupakan cerita fiksi yang digolongkan
sebagai...
a. Novel
b. Cerita nasehat
c. Fabel
d. Drama
13.
Tokoh dalam teks fabel adalah...
a. Malaikat
b. Jin
c. Binatang/hewan
d. Manusia
14.
Alur pada fabel biasanya merupakan alur...
a. Mundur
b. Menyamping
c. Menyilang
d. Maju
15.
Urutan struktur tesk fabel yang benar adalah
a. Orientasi-komplikasi-koda-resolusi
b. Resolusi-komplikasi-orientasi-koda
c. Orientasi-komplikasi-resolusi-koda
d. Orientasi-resolusi-komplikasi-koda
Bacalah
kutipan teks fabel di bawal ini untuk menjawab nomer 16-18!
Untunglah
saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu
menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut,
peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu,
sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan
menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada
kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu
sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar
pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah
diejek,” kata si kupukupu. Ternyata, kepompong yang dulu ia ejek sudah
menyelamatkan dirinya.”
16.
Bagian Struktur teks fabel yang sesuai dengan kutipan di atas adalah...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda
17.
Watak tokoh kupu-kupu dalam kutipan teks fabel tersebut adalah...
a. Baik hati
b. Jahat
c. Sombong
d. Bijaksana
18.
Contoh kalimat langsung dalam fabel adalah sebagai berikut....
a. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti
aku akan mengangkat ranting itu.”
b. Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang
terbang melintas.
c. Sang semut memegang erat ranting itu.
d. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada
semut
19.
Temanku Ani akan menulis surat kepada sahabat karibnya di luar kota untuk mengungkapkan
rasa rindu kepada temannya.
Perhatikan kutipan penggalan surat
pribadi berdasarkan ilustrasi tersebut!
Salam
rindu,
.…................
Ina,
kapan ya kita ketemu lagi? Rasanya lama sekali kita tak bertemu ya? Aku sudah
kangen dengan kelincahan dan keramahanmu, Insya Allah liburan ini aku akan ke
kotamu.
Bagian pembuka surat yang tepat adalah ...
a. Semoga pertemuan kita nanti akan sangat
berkesan seperti
pertemuan yang lalu.
b. Kita atur pertemuan nanti agar tidak ada waktu
yang kosong
ya!
c. Dengan ini saya beritahukan bahwa saya akan
mengungkapkan sesuatu.
d. Hai, apa kabarmu? Saat ini aku baik-baik saja.
Semoga
keadaanmu pun begitu.
20.
Jenis surat yang memiliki kop surat, nomer surat, dan lampiran adalah...
a. Surat pribadi
b. Surat undangan
c. Surat dinas
d. Surat izin
I. Esai
1. Buatlah 1 (satu) teks pantun nasehat!
2. Buatlah 1(satu) teks gurindam!
3. Buatlah bagian orientasi teks fabel dengan
judul “Harimau dan Kancil”.
4. Sebutkan struktur surat dinas!
5. Sebutkan struktur surat pribadi!
1 komentar so far
sangat bagus blog ini kiata dapat belajar dengan mudah....
EmoticonEmoticon