TIPS SUKSES
MENGERJAKAN SOAL IPA
1.
Awali segala sesuatu dengan niat yang baik. Suka ataupun tidak dengan
pelajarannya, niatkan bahwa kalian akan belajar dan berharap mendapatkan
manfaat dari ilmu yang akan dipelajari.
2.
Membuat target belajar. Jika kalian suka dengan pelajarannya, buatlah target
yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, jika kalian tidak suka
dengan pelajarannya, buat target kalian bisa melalui setiap tahap/ujian dengan
baik, buat target nilai lulus, jangan sampai hanya karena mata pelajaran yang
tidak disuka langkah kalian ke depan untuk meraih cita-cita menjadi terhambat.
3.
Menerima (dengan ikhlas) guru yang mengajar di kelas, siapapun guru tersebut.
4.
Menjalin komunikasi yang baik dengan guru di kelas. Bersikap baik dan
menghormati guru.
5.
Tidak malu untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas berkaitan dengan materi
pelajaran. Jika memungkinkan, tanyakan di dalam kelas, namun jika tidak
memungkinkan tanyakan di luar kelas.
6.
Mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru dengan sungguh-sungguh.
7.
Tidak menyimpan rasa benci terhadap guru yang mengajar di kelas, karena hal ini
bisa menjadi awal kegagalan kalian. Jika sampai hal ini terjadi, segera
komunikasikan/sampaikan permasalahan ini kepada pihak/orang yang sanggup
membantu memecahkan persoalan kalian. Jangan biarkan masalah ini
berlarut-larut, usahakan untuk segera menemukan solusi dari masalah ini.
8.
Jika belum bisa menerima guru yang mengajar di kelas (tidak cocok dengan guru
di kelas), meski telah berusaha, cari alternatif lain untuk belajar, seperti
mencari guru lain di bimbingan belajar, memanggil guru privat atau guru lain
yang kalian inginkan. Carilah guru yang membuat kalian merasa nyaman dalam
belajar.
9.
Jika memiliki masalah-masalah dalam belajar, catat dalam buku/catatan khusus,
kemudian tanyakan pada guru/orang yang dianggap bisa membantu mengatasi masalah
kalian dengan baik. 10. Memiliki buku referensi yang cukup untuk belajar.
Semakin beragam buku referensinya, akan semakin baik. Milikilah dalam jumlah
yang cukup (tidak terlalu banyak) agar lebih mudah dalam mempelajarinya.
11.
Jika buku referensi yang dimiliki masih kurang sementara keadaan ekonomi tak
memungkinkan, meminjam pada kakak kelas, tetangga, famili adalah langkah yang
baik.
12.
Memiliki buku catatan pelajaran yang rapi dan mudah dibaca. 13. Pilihlah teman
yang bisa membuat kalian lebih baik dalam belajar, teman yang rajin, pintar dan
baik lebih utama dijadikan teman dibandingkan teman yang malas dan tidak serius
dalam belajar.
14.
Membentuk kelompok belajar dengan teman dalam bentuk kelompok kecil, saling
berbagi ilmu dan membangun persaingan yang sehat dalam belajar.
15.
Jika kalian ketinggalan pelajaran (karena sakit atau karena alasan yang lain),
segera mencari tahu materi pelajaran yang telah diajarkan. Jangan tunggu
disuruh, tetapi aktiflah mencari tahu, bisa melalui teman atau guru.
16.
Setiap pelajaran memerlukan konsentrasi untuk bisa menerima materi dengan baik,
karena itu di dalam kelas pilihlah tempat duduk yang nyaman untuk belajar.
17.
Jika timbul rasa malas dalam belajar, segera kembalikan pada tujuan kalian
belajar. Untuk menjadi orang yang berhasil, pantaskah memelihara rasa malas?
18.
Jika kalian merasa jenuh/bosan dalam belajar, selingi kegiatan belajar dengan
hal-hal yang dapat membuat rileks dan santai agar tidak selalu tegang dan kaku,
seperti menjalankan hobi yang disukai dan hiburan lain yang bersifat
refreshing.
19.
Mengkonsumsi makanan sehat yang mendukung stamina tubuh sehingga dapat belajar
dengan baik.
Khusus untuk Biologi :
20.
Karena sebagian besar materinya adalah teori, maka sering-seringlah membaca.
Semakin sering membaca kalian akan semakin hafal, seperti hafalnya kalian pada
rute jalan menuju ke sekolah karena setiap hari kalian melaluinya.
21.
Karena di biologi banyak istilah yang mengguanakan bahasa asing (latin) dan
seringkali sulit untuk mengingat/menghafalkan, maka buatlah semacam kartu
istilah biologi. Kartu dengan ukurang kecil yang mudah dibawa/dimasukkan ke
dalam saku. Setiap kartu memuat beberapa istilah. Sering-seringlah membaca
kartu, di setiap kesempatan. Semakin sering dibaca, semakin lebih cepat hafal.
22.
Membuat kartu skema/siklus/daur/proses-proses yang terjadi di biologi, seperti
siklus metamorphosis, metagenesis, siklus hidup hewan-hewan avertebrata, dll.
Sering-seringlah membacanya.
23.
Menghafalkan istilah-istilah biologi di setiap aktivitas. Seperti, ketika di
dapur, sedang membantu memasak, sambil memotong sayur juga sambil menghafalkan
nama ilmiahnya, ketika kalian makan, sambil mengingat, enzim apa sajakah yang
bekerja di mulut, lambung, usus halus, dll.
24.
Memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan bahwa kalian sudah
mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan sudah memahaminya. Jika
ada bagian dari peta konsep yang belum kalian pahami, segera tanyakan atau
minta penjelasan kembali dari guru/orang yang kalian perkirakan bisa membantu.
25.
Gunakan imajinasi kalian untuk memahami setiap materinya. Usahakan untuk setiap
hal yang dipelajari kalian bisa melihatnya dalam bentuk gambar, model, atau
benda aslinya, karena ilmu biologi adalah ilmu yang riil, bukan imajiner.
26.
Amati apa saja yang terjadi pada tubuh kalian, dan juga lingkungan sekitar
kalian, karena penerapan ilmu biologi bisa diamati dalam tubuh kalian, dari
materi yang paling kecil (DNA) hingga keseluruhan kehidupan di permukaan bumi
(biosfer).
27. Seluruh kegiatan kalian dari bangun tidur
sampai tidur kembali, ketika tubuh kalian bergerak, beraktivitas, dan berpikir,
pelajari itu sebagai bagian dari ilmu biologi, kaitkan dengan materi pelajaran
biologi. Semakin kalian menemukan banyak pertanyaan dari apa yang terjadi pada
tubuh kalian, itu awal dari sebuah kepandaian. Cari segera jawabannya, dengan
membaca atau bertanya kepada orang yang lebih tahu.
28.
Lingkungan tempat tinggal kalian : lingkungan rumah, halaman, pemandangan
sepanjang jalan yang kalian lalui, tempat-tempat baru yang kalian kunjungi,
dari yang dekat sampai yang paling jauh, disana kalian akan menemukan berbagai
jenis makhluk hidup yang beraneka ragam. Rekam dengan baik apa yang kalian
amati dalam memori otak kalian, dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang
besar, cari tahu dan tanyakan segala sesuatu yang baru dan menarik perhatian
kalian, kemudian lihat dan pikirkanlah bahwa seluruh makhluk hidup di permukaan
bumi terbingkai dalam sebuah jarring-jaring kehidupan yang sempurna.
29.
Melakukan percobaan/eksperimen atau observasi dengan sesuatu yang sederhana
tentang hal-hal yang ada di sekitar kalian, seperti : mengamati perkecambahan
biji tanaman, arah gerakan batang tanaman, titik tumbuh tanaman, dll. .
31.
Memiliki dan membaca buku referensi yang cukup, akan lebih baik jika buku
referensinya banyak memuat gambar-gambar yang akan memudahkan memahami materi
pelajaran.
32.
Mengerjakan soal-soal di buku latihan soal yang khusus (Lembar Kerja Siswa,
Buku Kerja Siswa, Buku Kumpulan Soal, dll.)
34.
Untuk memperkaya pengetahuan tentang ilmu biologi dan agar bisa lebih hafal
dengan istilah-istilahnya dan lebih paham tentang kandungan materinya, baca dan
pelajari biografi singkat dari tokoh-tokoh/ilmuwan di bidang biologi.
35.
Jika kalian merasa sudah belajar sungguh-sungguh namun belum menunjukkan hasil
seperti yang diharapkan, baca kembali biografi tokoh/ilmuwan di atas. Mereka
menjadi ilmuwan dan nama mereka dikenang sepanjang zaman karena mereka pantang
menyerah di tengah kegagalan. Diterimanya mereka di dunia science memerlukan
banyak pengorbanan dan waktu yang tidak singkat. Kalau mereka bisa, pastinya
kalian juga bisa.
36.
Melaksanakan setiap point di atas dengan penuh kesungguhan.
Khusus untuk Fisika
37.
Materi fisika terbagi dalam materi teori dan rumus. Jangan memisahkan keduanya
karena masing-masing saling berkaitan. Pelajarilah keduanya bersama-sama.
38.
Untuk materi yang berupa teori, pelajarilah teori itu seperti mempelajari teri
biologi. Semakin sering membaca/semakin sering menggunakan, teori itu akan
lebih kuat tersimpan dalam memori ingatan.
39.
Memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan bahwa kalian sudah
mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan sudah memahaminya. Jika
ada bagian dari peta konsep yang belum kalian pahami, segera tanyakan atau
minta penjelasan kembali dari guru/orang yang kalian perkirakan bisa membantu.
40.
Untuk materi yang berupa rumus/hitungan, hafalkan rumusnya. Ada beberapa metode
untuk menghafalkan rumus : a) Pahami dan hafalkan besaran-besaran dalam fisika.
Kaitkan symbol besaran dengan istilah dalam bahasa Inggris, karena itu saling
berkaitan. Contoh, symbol untuk besaran daya adalah “P” = “Power”. b) Untuk
symbol besaran maupun satuan yang berupa huruf Yunani, pastikan kalian bisa
menuliskannya dengan benar, melafalkan dengan baik, dan menghafalkan dan
menerapkannya dengan tepat dalam rumus. c) Pahami dan hafalkan satuan-satuan
dalam fisika. Pahami pula yang merupakan satuan SI dan satuan bukan SI. d) Jika
lupa dengan rumus, ingatlah bentuk satuannya. Bentuk satuan itu akan
menunjukkan bagaimana rumusnya. Contoh: satuan massa jenis adalah “kg/m3” maka
rumusnya merupakan perbandingan antara besaran yang satuannya “kg” dan besaran
yang satuannya “m3”, jadi rumusnya adalah perbandingan massa dan volume, r =
m/V. e) Membuat daftar khusus tentang besaran, symbol, dan satuannya. Jika
memungkinkan dalam bentuk kartu yang mudah dibawa. f) Pada rumus-rumus tertentu
sangat berkaitan dengan hukum-hukum fisika. Jika hafal rumusnya maka secara
otomatis akan hafal bunyi hukum-hukum tersebut. Contoh : Bunyi hukum Coulomb
sama dengan rumus Gaya Coulomb.
41.
Sebagian materi fisika adalah hitungan. Semua hitungan dalam fisika dihitung
secara matematis, jadi kuasai operasi hitung matematika dengan matang.
42.
Menguasai konversi satuan dengan baik dan matang. Ini adalah penghitungan
secara matematis.
43.
Pelajari dan kuasai teknik menghitung dengan cepat (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian).
44.
Melakukan percobaan/eksperimen sederhana dengan sesuatu yang sederhana tentang
hal-hal yang ada di sekitar kalian yang berkaitan dengan fisika, seperti :
pemuaian, aliran kalor, mengamati prinsip kerja tuas, dll.
45.
Mengkaitkan kejadian/peristiwa yang terjadi sehari-hari dengan materi fisika,
seperti : perubahan energi pada lampu, kipas angin, kulkas, televis, computer,
dan benda-benda lain yang ada di dalam rumah.
46. Gunakan imajinasi kalian untuk memahami
konsep-konsep fisika, karena fisika adalah ilmu yang pasti dan riil. Ketika
kalian melihat genangan minyak di atas air, gunakan imajinasi kalian untuk
memahami konsep masa jenis zat, juga untuk contoh-contoh yang lain.
47.
Memiliki dan membaca buku referensi yang cukup, akan lebih baik jika buku
referensinya banyak memuat gambar-gambar yang akan memudahkan dalam belajar.
48.
Memiliki dan mengerjakan soal-soal di buku latihan soal yang khusus (Lembar
Kerja Siswa, Buku Kerja Siswa, Buku Kumpulan Soal, dll.)
49.
Menyaksikan video/film/media audio visual lain yang berkaitan dengan fisika.
Bisa membeli/meminjam.
51.
Untuk memperkaya pengetahuan tentang ilmu fisika dan agar bisa lebih hafal
dengan istilah-istilahnya, hukum-hukum dan konsep dalam fisika, baca dan
pelajari biografi singkat dari tokoh-tokoh/ilmuwan di bidang fisika.
52.
Jika kalian merasa sudah belajar sungguh-sungguh namun belum menunjukkan hasil
seperti yang diharapkan, baca kembali biografi tokoh/ilmuwan di atas. Mereka
menjadi ilmuwan dan nama mereka dikenang sepanjang zaman karena mereka pantang
menyerah di tengah kegagalan. Diterimanya mereka di dunia science memerlukan
banyak pengorbanan dan waktu yang tidak singkat. Kalau mereka bisa, pastinya
kalian juga bisa.
53.
Melaksanakan setiap point di atas dengan penuh kesungguhan.
Khusus
untuk Kimia
54.
Memiliki daftar Sistem Periodik Unsur, ini penting karena pondasi dari ilmu
kimia adalah mengetahui lambang-lambang unsur kimia.
55.
Menghafalkan nama-nama unsur kimia sebanyak mungkin beserta dengan
symbol/lambang dan sifat-sifatnya.
56.
Gunakan jembatan keledai untuk memudahkan menghafalkan nama-nama unsur,
golongan, dan periode dalam sistem periodik unsur.
57.
Memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan bahwa kalian sudah mempelajari
setiap bagian dari peta konsep tersebut dan sudah memahaminya. Jika ada bagian
dari peta konsep yang belum kalian pahami, segera tanyakan atau minta
penjelasan kembali dari guru/orang yang kalian perkirakan bisa membantu.
58.
Sebagian materi kimia adalah hitungan yang menggunakan operasi hitung secara
matematis. Untuk teknik menghafalkan rumus dan penghitungan, mirip seperti pada
fisika.
59.
Melakukan percobaan/eksperimen atau observasi dengan sesuatu yang sederhana
tentang hal-hal yang ada di sekitar kalian yang terkait dengan kimia. Hampir
semua bahan-bahan di dalam rumah tangga berasal dari bahan kimia. Amati dengan
baik dan lakukanlah eksperimen ringan dengan menggunakan bahan-bahan tersebut,
seperti : uji asam basa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di
lingkungan sekitar.
60.
Gunakan imajinasi kalian untuk memahami konsep atom, bentuk molekul dan reaksi
kimia. Kimia adalah ilmu yang riil, bukan imajiner, namun karena ukuran atom
dan molekul itu sangat kecil, kalian tetap perlu mengembangkan imajinasi dalam
belajar. Kaitkanlah imajinasi kalian dengan hal-hal makro yang dapat dilihat
dengan mata, seperti : perubahan-perubahan kimia di lingkungan sekitar.
61.
Gunakan model atom atau molekul untuk memudahkan pemahaman tentang bentuk-bentuk
atom dan molekul.
62.
Memiliki dan membaca buku referensi yang cukup, akan lebih baik jika buku
referensinya banyak memuat gambar-gambar yang akan memudahkan dalam belajar.
63.
Memiliki dan mengerjakan soal-soal di buku latihan soal yang khusus (Lembar
Kerja Siswa, Buku Kerja Siswa, Buku Kumpulan Soal, dll.)
64. Sering-seringlah mengamati komposisi bahan
kimia pada bahan-bahan kimia di dalam rumah maupun pada makanan. Pikirkan dan
kaitkan dengan materi pelajaran kimia. 65. Menyaksikan video/film/media audio
visual lain yang berkaitan dengan kimia. Bisa membeli/meminjam.
66.
Manfaatkan fasilitas Lab IPA/Lab Kimia seoptimal mungkin. Usahakan kalian
mengenal dan memahami betul model, alat peraga, semua alat dan bahan serta
petunjuk penggunaannya. Mintalah petunjuk guru/laboran dalam penggunaanya.
67.
Untuk memperkaya pengetahuan tentang ilmu kimia dan agar bisa lebih hafal
dengan istilah-istilahnya, hukum-hukum dan konsep yang berlaku dalam kimia,
baca dan pelajari biografi singkat dari tokoh-tokoh/ilmuwan di bidang kimia.
68.
Jika kalian merasa sudah belajar sungguh-sungguh namun belum menunjukkan hasil
seperti yang diharapkan, baca kembali biografi tokoh/ilmuwan di atas. Mereka
menjadi ilmuwan dan nama mereka dikenang sepanjang zaman karena mereka pantang
menyerah di tengah kegagalan. Diterimanya mereka di dunia science memerlukan
banyak pengorbanan dan waktu yang tidak singkat. Kalau mereka bisa, pastinya
kalian juga bisa.
69.
Melaksanakan setiap point di atas dengan penuh kesungguhan.
Kesimpulan
70.
Tulisan di atas akan mampu membawa kepada kesuksesan jika dilaksanakan dengan
sungguh-sungguh dan dengan iringan doa yang tulus. Jika hanya dibaca saja tanpa
tidak lanjut, maka semua yang tertulis di atas tidak akan berarti apa-apa.
Kesuksesan itu tidak diraih dengan instant, ia perlu proses dan waktu, maka
jalanilah semua proses pembelajaran itu dengan kesungguhan dan rasa optimis.
(Tips Sukses Mengerjakan Soal-soal IPA)