Thursday, April 26, 2018

RPP Penulisan Teks Eksplanasi Kompleks Kelas XI/Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI/Genap
Materi Pokok              : Penulisan Teks Eksplanasi Kompleks
Alokasi waktu             : 1  pertemuan x 2 jam pelajaran
A.     Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-  aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 :
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks,baik melalui lisan   maupun tulisan.
3.2   Membandingkan teks eksplanasi kompleks,baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1   Menginterpretasi teks eksplanasi kompleks,baik secara lisan maupun tulisan.
4.2   Memproduksi teks eksplanasi kompleks,yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tilisan.
Indikator :
3.5.1        Mengidentifikasi struktur isi teks eksplanasi.
3.5.2        Memahami isi teks eksplanasi kompleks.
3.5.3        Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks.
3.5.4        Menganalisis isi teks eksplanasi kompleks.
3.5.5        Menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
3.5.6        Mengetahui karakteristik teks eksplanasi.
3.5.7        Menyebutkan langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks.

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat :

1.      Mengidentifikasi struktur isi teks eksplanasi.
2.      Memahami isi teks eksplanasi kompleks.
3.      Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks.
4.      Menganalisis isi teks eksplanasi kompleks.
5.      Menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
6.      Mengetahui karakteristik teks eksplanasi.
7.      Menyebutkan langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks.

D.     Materi Pembelajaran
Fakta
·         Berbagai contoh teks eksplanasi kompleks ( baik melalui lisan maupun tulisan )

Konsep
·         Struktur isi teks eksplanasi
·         Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi
Prinsip
·         Karakteristik teks eksplanasi
Prosedur
·         Karakteristik teks eksplanasi
·         Struktur teks eksplanasi

E.      Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·         Inquiry, discovery learning
·           Diskusi
·           Eksperimen
·           Kerja kelompok

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media :
·         Internet
2.       Alat/bahan
·         LCD, Tape recorder,laptop
·         Koran, majalah, kliping tentang cerpen, dll
3.       Sumber Belajar
·      Bahasa Indonesi: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Pradopo, Joko Rachmat. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern.Yogyakarta:Gama Media.
·      Lubis,Mochtar.1997. Sastra dan tekniknya .Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
G.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks eksplanasi digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini.


5 menit
Isi (kegiatan Inti)
Mengamati
·         Membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
·         Membaca dua teks eksplanasi kompleks.
·         Membaca teks eksplanasi kompleks.
·         Membaca teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman
Menanya
·         Mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
·         Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks.
·         Mempertanyakan persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
·         Mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mencoba
·         Siswa menemukan struktur teks eksplanasi kompleks.
·         Menemukan cirri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·         Menemukan makna atau maksud isi teks eksplanasi kompleks.
·         Siswa mencoba mengamati persamaan struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mengasosiasi
·         Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan cirri teks bahasa eksplanasi kompleks.
·         Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan makna atau maksud teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas sengan saling menghargai.
·         Siswa mendiskusikan danm menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas.
·         Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat.
Mengomunikasikan
·          Siswa mempresentasikan hasil diskusi terkait denga struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·         Mempresentasikan makna atau maksud teks eksplanasi kompleks dengan rasa percaya diri.
·         Menanggapi presentasi teman atau kelompok lain secara santun.
·         Menjelaskan persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks.
·         Membaca teks eksplanasi kompleks dengan intonasi dan ekspresi yang tepat. 
100 menit


Penutup

·         Bersama siswa menyimpulkan dan menerapkan serta memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren yang sesuai dengan karakteristik teks eksplanasi kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
·         Memberikan tugas mencari contoh teks eksplanasi kompleks melalui internet.
·         Melaksanakan tes.

10 menit

H.      Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.      Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.       Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
3.      Pedoman penskoran

Rubrik Instrumen
a.       Peniaian Sikap
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Kedisiplinan
Kerjasama
Tanggung jawab
1







2







3







4







5







6







7







8







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : ..............................................
Kelas/Program       : X / Ilmu Bahasa dan Budaya
Kompetensi           : ..............................................
Materi                    : ..............................................

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.      1









2.      2









3.       









4.       









5.       









6.       









7.       









8.       









9.       


















































Keterangan pengisian skor

5.  Sangat baik
4.  Baik
3.  Cukup
2.  Kurang
1.  Sangat  kurang

b.        Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
 Mengidentifikasi struktur isi teks eksplanasi.

Tes tertulis
Isian
 Identifikasilah  struktur isi teks eksplanasi
Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks.


Tes tertulis
Isian
Identifikasilah persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks.

Mendeskripsikan isi teks eksplanasi kompleks.

Tes tertulis

Daftar pertanyaan
Deskripsikan teks eksplanasi kompleks.
Menganalisis isi teks eksplanasi kompleks.


Tes tertulis

Isian
Analisis isi teks eksplanasi kompleks.

Menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Tes tertulis
Isian
Analisis bahasa teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Mengetahui karakteristik teks eksplanasi.

Tes tertulis
Isian
Menyebutkan karakteristik teks eksplanasi.

Menyebutkan langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks.


Tes tertulis
Isian
Jelaskan langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks.


Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.        Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

2.        Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

3.        Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


4.         
Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


5.         
Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


6.         
Soal nomor 6
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjelaskan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjelaskan dengan benar dan baik
B
3
Siswa menjelaskan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa menjelaskan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4
7.         
Soal nomor 7
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


Mataram,   18 April 2018
Guru mata pelajaran



___________________

Artikel Terkait