Thursday, March 8, 2018

TUTORIAL PENGOLAHAN DATA DENGAN RCPWAVE

Tags



TUTORIAL PENGOLAHAN DATA DENGAN RCPWAVE

 


  1. Buka software Surfer, pada plot document , pilih Grid, Data, pilih file digitasi dalam .bln kemudian atur batas minimum  maksimum  X dan Y direction sesuai lokasi pengamatan dan ubah # of lines sebesar 50, kemudian akan muncul Gridding Report dan save file grid dengan nama yang diiinginkan.
  2. Buka file data grid yang telah dibuat.  
  3. Save as dalam bentuk .dat    
  4. Buka file .dat dengan Mc Excel. Kemudian buka file untuk pengolahan data sesuai lokasi pantai pengamatan misalnya Pantai Selatan. File Excel ttersebut terdiri dari beberapa sheet seperti data asli, susun data dan input RCPwave. 
  5. Copy data pada sheet  data asli di file Excel pengolahan data.
  6. Kemudian copy lagi data tersebut pada sheet baru dan ubah desimal pada kolom data batimetri menjadi satu serta ubah semua nilai positif menjadi nol.
  7. Selanjutnya copy data batimetri tersebut pada sheet susun data, secara otomatis  susunan data pada kolom  sebelahnya akan berubah sesuai dengan data yang dimasukkan.
  8. Buka sheet data  INPUT RCPWAVE , data yang ada pada sheet ini telah berubah sesuai data yang telah dimasukkan. Copy data yang ada pada sheet tersebut dan masukan pada notepad file untuk RCPWAVE.
  9. Copy data pada notepad dan atur datanya sesuai dengan format yang ada. Atur format tiap data harus dengan spasi hingga seluruhnya.
  10. Data telah siap masuk dalam RCPWAVE. Buka program RCPWAVE.exe, kemudian input data sesuai dengan nama file .txt, tekan enter, kemudian akan muncul file output dengan format .X

 


 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon